PEMBINAAN PEMUDA DESA KUMENDUNG TAHUN 2017

  21 Desember 2017  |  DESA KUMENDUNG

20 Desember 2017

Dalam rangka pelaksanaan Peraturan Desa Kumendung No 1 Tahun 2017 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang salah satu pointnya terdapat Kegiatan Pembinaan Pemuda, maka Desa Kumendung mengadakan kegiatan tersebut pada hari Jum’at 15 Desember 2017.

Dalam acara tersebut Kepala Desa Kumendung Mengundang 5 (lima) narasumber dari berbagai bidang yaitu, Camat Muncar, Dan Ramil Muncar, Kapolsek Muncar, Ka. UPTD Puskesmas Muncar dan Bpk. IRIANTO, SH selaku anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi. Serta 100 pemuda di wilayah Desa Kumendung sebagai pesetra.

Para narasumber memberikan motivasi kepada pemuda agar tidak melakun hal-hal yang melanggar hukum. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Drs. Toha Khoiri dari Polsek Muncar bahwa “menjelang tahun baru diharap pemuda tidak melakukan kegiatan yang mengganggu ketertiban umum. Mudah-mudahan pada tahun baru Desa Kumendung tetap aman.”

Selanjutnya dari Bapak Drs. Lukman Hakim S, MSi selaku Camat Muncar berharap pada kegiatan musrenbangdes selanjutnya, pemerintah desa harus mengusulkan kegiatan pelatihan pemuda yang sifatnya memberikan fasilitas kepada usaha kecil dan menengah milik pemuda.

Beliau juga menghimbau kepada para pemuda, “apabila pemuda memiliki konsep yang jelas tentang merintis usaha maka sampaikan kepada pemerintah desa, agar ditampung ide tersebut kemudian bias mendapat fasilitas yang tepat, seperti memperdalami skill atau permodalan.”

Dari Koramil Muncar memberikan wawasan kebangsaan kepada pemuda, hal ini tidak jauh dengan apa yang disampaikan oleh Bapak Irianto, SH selaku Anggota DPRD Kab. Banyuwangi. Beliau mengatakan, “Generasi muda merupakan tulang punggung bangsa, maka dari itu mari tingkatkan persatuan dan kesatuan.” Selain itu, beliau juga mengajak para pemuda bernostalgia mengingat kembali sejarah kemerdekaan Indonesia, dengan harapan para pemuda dapat menggunakan waktu untuk hal-hal yang positif.

Pembinaan terakhir disampaikan oleh ibu dr. Mangesti Utami selaku Ka. UPTD Puskesmas Tembokrejo. Beliau menyampaikan tentang bahaya HIV/AIDS yang tidak ada obatnya, “jadi penderita HIV/AIDS itu tidak bisa sembuh, hanya diberi obat untuk memperlambat penyebaran virus, sehingga tidak terjadi kematian mendadak.” Kata Bu Mangesti.

Penularan HIV/AIDS ada tiga cara, yaitu melalui hubungan sex, jarum suntik dan dari ibu ke anak. Untuk menghindari tertular dari penyakit ini maka, jangan melakukan hubungan sex bebas atau berganti-ganti pasangan. Jangan menggunakan jarum suntik bergantian atau bekas orang lain. Apabila ada ibu hamil segera periksa ke puskesmas terdekat, untuk mendeteksi apakah ibu tersebut terkena virus atau tidak. Sehingga pihak puskesmas dapat menentukan tindakan medis untuk menyelamatkan janin.

 

Contact Details

  Alamat :   Jl. Jaya Kusuma No. 27A Kumendung
  Email : kumendung10@gmail.com
  Telp. : 0333-595591
  Instagram :
  Facebook : PEMDES KUMENDUNG
  Twitter :


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi